Belum Sebulan Menjabat, Kapolres Asahan Gagalkan Peredaran 11 Kg Sabu

Kapolres Asahan

Topmetro News – Belum genap satu bulan bertugas sebagai Kapolres Asahan, AKBP Faisal F Napitupulu, SIK, MH beserta jajaran Satuan Narkoba Polres Asahan berhasil menggagalkan peredaran narkoba jenis sabu sedikitnya 11 bungkus besar dengan berat 11 Kg.

Hal itu diungkapkan orang nomor 1 di Polres Asahan itu saat jumpa pers di Mapolres Asahan, pada Kamis (13/12/2018) di dampingi Wakil Bupati Asahan, H. Surya, Bsc, Ketua DPRD Asahan, H. Benteng Panjaitan, SH dan Pasi Intel Kodim 0208/As, Kapten Inf Alwan Sianturi (mewakili Dandim) serta Kasat Narkoba, AKP Wilson Siregar dan jajaran.

Penangkapan berawal pada bulan Oktober 2018, Sat Narkoba Polres Asahan mendapat informasi dari masyarakat adanya sindikat narkoba jaringan Malaysia-Asahan-Medan yang membawa Sabu sebanyak 11 bungkus.

Selanjutnya Kasat Res Narkoba AKP Wilson Siregar dengan melibatkan KBO, IPTU SF Sibarani, Kanit 1, IPDA Syamsul Adhar, Kanit 2, IPDA G Siregar beserta seluruh Pers Opsnal melakukan penyelidikan.

Setelah dilakukan lidik, selanjutnya pada hari Selasa, (11/12) kemarin, tim yang langsung dipimpin Kasat Res Narkoba, AKP Wilson Siregar, dilakukan pembuntutan terhadap sebuah kapal yg datang dari Malaysia menuju perairan laut Asahan.

Jalur Laut

Karena tahu dibuntuti, kapal tersebut sempat memutar haluan masuk perairan berombang Kabupaten Labuhan Batu. Saat kapal tersebut diketahui menyandar di aliran Sungai Sei Barumun lalu pergi setelah menurunkan narkoba yang dibawa.

Tim melakukan lidik keberadaan narkoba tersebut, keesokan harinya Sat Narkoba Polres Asahan berhasil mengamankan 2 orang tersangka yang membawa Sabu menggunakan sepeda motor jenis N Max BK 3787 AHF melintas di Jalan Umum Dusun X Perkebunan Ajamu Desa Teluk Sentosa Kecamatan Panai Hulu Kabupeten Labuhan Batu.

Kedua tersangka bernama Rinalta Panda Sembiring (30) warga Pasar IV Tuntungan Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang dan Bahtera Sembiring (41) warga Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang, namun pada saat penangkapan kedua tersangka sempat melawan dan berusaha melarikan diri, sehingga terpaksa dilakukan tindakan tegas dan terukur dengan menembak kedua kaki untuk melumpuhkan.

Dari penangkapan tersebut Polisi berhasil menemukan barang bukti sebanyak 11 bungkus besar diduga berisi narkotika jenis sabu serta menyita 2 Unit HP dan 1 Unit sepeda motor jenis N Max BK 3787 AHF.

Kapolres Asahan, AKBP Faisal F Napitupulu, SIK, MH menyampaikan rasa syukur dan terimakasih kepada seluruh unsur yang turut membantu pihaknya dalam memberantas peredaran Narkoba di Bumi Asahan.

Lanjutnya, penangkapan kali ini merupakan tangkapan yang luar biasa, karena tangkapan Narkoba dengan jumlah yang terbesar untuk Polres se jajaran Polda Sumut, ia nya juga mengapresiasi kinerja jajarannya dalam hal ini Sat Res Narkoba Polres Asahan.

“Terimakasih kepada seluruh unsur yang telah membantu kami dalam memberantas peredaran Narkoba, ini termasuk tangkapan paling besar untuk Polres sejajaran Polda Sumut,” ucap Faisal didepan para jurnalis.

Sementara, Wakil Bupati Asahan, H. Surya Bsc ketika memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kerja keras kepolisian dalam mengungkap jaringan perusak anak bangsa ini, hal itu juga di utarakan Ketua DPRD Asahan, H. Benteng Panjaitan, SH.

Reporter: Abib

Related posts

Leave a Comment